Sabtu, 04 Juli 2015

Jurnal Curhat Usaha menuju Bayi Tabung (bagian 6)



Program Bayi Tabung

11 Juni 2015

Waktunya untuk pengambilan ovum (sel telur) atau disebut ovum pickup (OP). Kali ini dilakukan di ruang tindakan. Saya dibius. Pasien diminta puasa 12 jam. Dilakukan oleh dr. Sita. Proses OP hanya berlangsung kurang dari setengah jam. Saya cukup lama, karena di awal, pranata anestesi sulit menemukan pembuluh nadi saya yang terlalu halus. He.. saya sampai mengeluarkan air mata karena beberapa kali gagal menyuntikkan dan sakit sekali kena tulang.

Di saat yang sama, suami diminta mengeluarkan sel sperma. 

Ketika sudah sadar dan kembali segar, saya dibolehkan pulang. Saya kembali ke kantor.

Sel telur dan sel sperma, dibuahkan di dalam cawan patry (lab) agar terjadi pembelahan dan berkembang dengan baik.

Biaya Probatab: deposit: 20.000.000 (termasuk ovum pick up, perkembangan embrio, obat-obat, tindakan dan embrio transfer (ET)).
In Vitro Fertilization
  14 Juni 2015
 
Masih digantikan dr. Sita, untuk melakukan transfer embiro (ET) tanpa pembiusan.  Embrio (sel telur yang dibuahi sel sperma) yang saya hasilkan hanya 3 yang bagus dari 9 sel telur yang saya hasilkan. Karena usia saya sudah 34 tahun, maka dimasukkan ketiga embrio itu (jadi tidak ada yang disimpan). 

Sebelum tindakan diminta tidak makan selama 6 jam. Tapi tetap harus minum banyak. Ndak boleh pipis. Kenapa? karena akan di USG melalui perut, supaya kelihatan embrionya. 

Jadilah, berasa pingin pipis buanget. Tahan Bu. Sabar. Apalagi saat perut ditekan dengan USG. Jadi rasanya nikmat banget deh.

Setelah embrio di masukkan ke rahim, bukan berarti ibu boleh pipis. Tapi harus berbaring selama 1 jam. Pipisnya.. dipakaikan kateter. Rasanya seperti anyang2an gitu.
Menunggunggu sejamnya sih ga masalah, tapi perasaaan anyang2annya ini loh yang genggeus.

Setelah ET, pasien diminta bedrest (benar2 tiduran doang) selama 2 hari. Di enam jam pertama setelah ET, pasien harus telentang saja (sambil dibantu kaki diangkat sedikit) dan tidak makan. Di sinilah waktunya mengeluarkan jurus seni menghibur diri. Enam jam dengan posisi telentang saja dan rasa anyang2an, serta tanpa rasa kantuk.. sungguh aduhaiiiii...

Enam jam kemudian, boleh maem.. rasa makanan RS, seperti masakan Ibu di rumah.. uenak saking lapernya. badan hanya boleh pelan-pelan ke kanan dan ke kiri. 

Karena judulnya bedrest: maka saya makannya dikit. Takut mules, kan males banget pup di pampers. Untungnya selama di RS, perut bersahabat. puk..puk.

Saya menginap di RS, 3 hari 2 malam. VIP di RSPAD. Biaya 1.500.000. (termasuk murah, karena fasilitasnya lumayan nyaman).

Kemudian selama 5 hari ke depan, saya lanjutkan bedrest di rumah. Ndak bedrest beneran sih, saya hanya ke kamar mandi saja kalau turun dari tempat tidur. Hanya sekali saya naik tangga (karena kamar di atas). Seminggu kemudian, saya tetap bekerja, tidak lagi menyetir, dan menghindari naik tangga. 

Setelah ET, disebut momen 2 week waiting (2WW), adalah saat menunggu 2 minggu hingga mendapat rapot. Selama 2WW, tetap setiap malam saya disuntik prolutan+heparin dan dimasukkan crinone melalui vagina. Heparin gunanya untuk mencegah pembekuan darah, mengapa? karena bisa jadi rahim kaget karena ada benda asing (embrio akibat sperma), sehingga akan melakukan proteksi dengan meningkatkan sel pembekuan darah. Jika ini terjadi, maka tidak baik untuk sang embrio karena sulit mendapat asupan nutrisi. Sedangkan crinone adalah progesteron sintetik, supaya embrio tetap terjaga.

Selama 2WW, saya mengonsumsi makanan fully gizi. Sayur, buah, susu, ikan salmon dan Greek yogurt. Supaya embrio dan saya tetap bugar. Dan selama 2WW, saya kurangi aktifitas ga penting. Ga cental-centil dulu. Jalan juga pelan-pelan. Ndak pakai celana panjang. Sebab perut berasa sangat kembung (bloating) dan megar, karena pengaruh obat2an. Pulau biru, kini menjadi gunung biru. Karena suntikan heparin menyisakan jendulan di kulit.

Malam sebelum ambil rapot, terlihat ada bercak darah dan perut keram sekali. Saya SMS perawat (yang kemudian dihubungkan ke dokter). Dan meminta saya mengenhentikan suntikan dulu. Wah.. perut makin keram dan saya cemas sekali (mana suami lagi ke luar kota. huhu... Saya berusaha rileks.. tapi susah. hehe..

26 Juni 2015

Saatnya mengambil rapot. Pagi sekali ke lab untuk memeriksa kadar d-dimer dan BHCG. 

Perut masih terasa keram sekali seharian. 

Hasil lab menunjukkan kadar BHCG saya hanya 11,5, kadar minimal 9,5. Sangat rendah untuk dikatakan janin berkembang. Meski saat USG terlihat titik embrio. Namun kadar BHCGlah yang lebih menentukan.

Dokter mengatakan, dari hasil menunjukkan kehamilan, tapi memiliki tingkat kegugurang yang tinggi. Persentase keberhasilan 50%. Lalu saya diberikan obat suntikan (lagi) untuk seminggu, untuk menjaga kondisi kandungan. Minggu depan, saya harus kontrol lagi.

Biaya:
  1. Cek d-dimer+BHCG+other                = 1.700.000
  2. Konsul+USG+admin                          =   440.000
  3. Suntikan prolutan+heparin+crinone  =   930.000
Setelah hari ini, saya tetap menjaga perilaku seperti 2WW. Meski saya mulai menurunkan tingkat harapan. Prepare supaya ndak terlalu sedih.

3 Juli 2015

Saatnya mengambil rapot kedua. Pagi sekali ke lab untuk memeriksa kadar d-dimer dan BHCG. 

Hasil USG menunjukkan embrio yang nampaknya tidak berkembang dengan baik. Well, sambil menunggu hasil lab,saya mulai menurunkan ekspektasi saya. Bersiap menerima berita yang tak diinginkan. 

Hasil lab pun keluar dan menunjukkan kadar BHCG yang terjun bebas menjadi 0,3 (ndak hamil kurang dari 1).Artinya, embrio tidak dapat menempel ke rahim dan placenta tidak berkembang. Jika placenta tidak berkembang, maka embrio akan mati karena tidak ada nutrisi. Hal ini akan diiringi dengan pengelupasan endometrium. He.. pasti rasanya akan aduhai nih. Kudu siap mental dan fisik!!

Biaya:
  1. Cek d-dimer+BHCG+other                = 1.095.000
  2. Konsul+USG+admin                          =   740.000
Ya.. sudah lah.. setelah dari RS.. saya merasa harus tetap move on. Kalau saya pulang ke rumah, yang ada adalah nuansa melow.. sebab saya rasanya tidak siap memberikan kabar ini kepada orangtua, terutama Ibu saya. Ya sudah, saya kembali ke kantor saja. Mingle dengan teman kantor. Alihkan konsentrasi, supaya ndak larut bersedih. Lagi pula saya jadi melihat segi positifnya, yaitu saya jadi bisa nyetir (sendiri) lagi, jalan-jalan, dan beraktivitas seperti semula tanpa harus bergerak pelan. cihuyyy...
 
Jika ada rejeki lagi.. bolehlah kita coba lagi. Tapi untuk sekarang.. saya masih agak 'pegal' dengan urusan berkonsul ria dan suntik menyuntik. Tanda bekas suntikan pun masih jelas terlihat.

Santai aja kawan, life is not just about one thing, look around.. so many things have to be done. Just cheer, smile, and be sincere..

Nah itulah curhat saya.. pengalaman ini memperkaya ilmu dan khazanah batin saya. hihi.. Baiklah.. sampai jumpa pada rencana selanjutnya :)

Bagian 7, adalah Jurnal Curhat usaha agar tetap bahagia dengan cerita yang berbeda.. sampai jumpa!

-Y-

27 komentar:

Aline mengatakan...

Salam kenal..
Ngikutin tulisan mbak tentang proses BT nya. Jadi total mulai dari rencana bayi tabung sampai keluar hasil kena biaya berapa mbak? Tdk ada paket ya di RSPAD?

Yanu Aryani mengatakan...

Halo... senang berkenalan dengan mbak Aline...
Total kira-kira 60 jutaan mbak (termasuk jasa konsul, USG, obat, probatab, dan lab). Sayangnya, tidak ada paket. Saat itu, saya sempat survei RS/klinik fertilitas yang ada di Jakarta, tapi juga sedang tidak ada paket/promo. Jadi pilihan saya ke RSPAD.

Kalaupun ada yang promo, coba pastikan apa paket promonya mbak, supaya bisa ancer-ancer biaya yang membengkak.

Sukses ya mbak Aline.. terima kasih sudah menyapa :)

nuke story mengatakan...

Suka banget baca tulisan mb.. makasih banyak ya, jadi nambah info seputar batab, karena saya juga lagi maju mundur untuk program ini, bener2 harus menyiapkan diri lahir bathin ya, mb... anyway thank's bangeettt..

Yanu Aryani mengatakan...

Sama-sama Mbak Nuke. Senang kalau info ini bisa membantu dan terima kasih sudah mampir ke sini. Semoga sukses ya :)

jejak pena mengatakan...

Perjuangan banget mbak.. Semoga disegerakan yaa mbak.

Embunpagi mengatakan...

sekarang mba yanu nya sdh hamik lg blum yah?

Unknown mengatakan...

Terimakasih 4 sharing mba sangat menginspirasi saya dan istri juga promil dgn dr gunawan

Yanu Aryani mengatakan...

Amin.. makasih mbak Mella :)

Halo Embunpagi, sampai sekarang saya belum hamil :) terima kasih sudah mampir ke blog ini ya. Sehat selalu buat anda :)

Hai Aris, terima kasih kembali sudah mampir ke sini, semoga berhasil promilnya dan sehat selalu ya. Selalu yang terbaik buat Aris dan istri :)

Embunpagi mengatakan...

Sama sama mba smoga kt smua dsini bisa di segerakan hamil yah, amin

Unknown mengatakan...

Semangat ya mba... apakah mba udah cek imunitas mba, krn saya jg pernah cek semua sehat dan insem gagal ternyata imun saya terlalu tinggi jadi setiap sperma msk akan mati, mba bisa cek di RS Sayyidah

Unknown mengatakan...

Suka dengan tulisannya dan tetap semangat ya mbak, karena segala sesuatu indah pada waktunya.

Yanu Aryani mengatakan...

Halo mbak @Dwi Melisa, wah.. belum pernah coba cek imunitas. Terima kasih infonya ya, ingin coba nantinya.

Halo mbak @Agnes. Terima kasih ya. Salam kenal :)

Unknown mengatakan...

Halo.. aku juga program ke dokter gunawan. Tgl 21 januari kemarin aku hydrotubasi di hari mens ke 9 (sudah bersih). Setelah hydro belum sempat HB karna nunggu masa subu eh pas masuk masa subur ternya mens.. ada yg pernah ngalamin seperti aku juga kah?

Ayu mengatakan...

Mba mau tanya,saya juga bulan Januari kemarin ikutan program bayi tabung, sebelum 2ww selesai (tgl 4 Februari 2019),hari ke 12nya (2 Februari 2019)saya keluar flek. Di suruh langsung cek darah, dan ternyata emang belum hamil. Dan sampai sekarang hari ke 16 saya masih keluar darah. Apa memang seperti itu?



Yanu Aryani mengatakan...

Halo Ayu, maaf baru balas. Iya.. waktu itu aku flek darahnya sampai seminggu lebih, dan perasaan kembungnya kelamaan memudar. Tapi yang lebih penting adalah psikologis kita Ayu.

Yang aku alami setelah protab, siklus haid aku jadi lebih cepat sekitar tiga minggu. Ada baiknya tetap kasih tanda di kalender period kita. Aku sekarang pakai aplikasi Flo. Untuk pantau siklus haid.

Salam kenal Ayu

Unknown mengatakan...

Halo mba... aku amazed bgt liat perjuangan mba untuk punya baby... aku sendiri pengalaman sudah hampir 11 tahun menikah dan blm pernah hamil...tp memang kami sengaja ga cek krn takut akan timbul rasa saling menyalahkan.... lalu 2 bulan lalu sempat kepikiran kayanya harus usaha... krn aku sudah 32 tahun...batas 3 tahun lg untuk prima dlm hal kehamilan... jadilah kami 4 hari berturut turut ikhtiar mba... (berhubungan) ... setelah berhubungan selalu dibantu suami untuk angkat pinggul dan kaki ke atas..selama kurleb 15 menit... dan tak lupa dengan doa yaa... dan setiap hari itu suami konsumsi kurma nabi yg dr madinah... kami ga tau mana yg berpengaruh... tp... seminggu lalu aku cek tp... hasilnya 2 garis tegas.... dan kmarin cek usg transvaginal...alhamdulillah sudah nampak kantung janinnya dan usia kehamilan 5 w... walau tetap diberi penguat kandungan oleh dokter...mengingat historyku yg 10 tahun infertil 😅... maaf kepanjangan...tapi semoga jadi sedikit pencerah ya mba... bahwa akan selalu ada harapan... bahkan bisa jadi tidak.mengeluarkan biaya sama sekali... jd tetap semangat... jangan menyerahh...

Annisa Savitri mengatakan...

hallo mba


aku juga lagi promil dengan dr gunawan


memacu aku buat semangat promil

terima kasih ya atas sharingnya

bermanfaat banget nambah ilmuuu dan informasi

semoga segera diberikan momongan dan kesehatan selalu ya mba :)

Unknown mengatakan...

Hi Mba...senang bisa membaca pengalaman promil-nya. Saat ini aku baru saja memulai promil dengan dr Gunawan. Sebelumnya sudah 2 kali IUI dan 2 kali probatab, semuanya saya lakukan di klinik dan dokter yang berbeda2 dan masih belum berhasil. InsyaAllah ini bagian dari usaha dan ikhtiar saya dan suami.

Singkatnya, dari semua promil yang sudah saya lalui dengan berbagai dokter dan klinik, promil dengan dr Gunawan agak sedikit berbeda dengan promil2 yg pernah saya jalani. Yang saya mau tanyakan, apakah mba saat promil dengan dr Gunawan juga dilakukan treatment penetesan secretomi (stemcell) ke dalam lubang hidung? dari yang sy baca kok tidak ada infonya. Semoga mba berkenan menjawabnya. Dan InsyaAllah menjadi bagian usaha dan ikhtiar kita untuk mendapatkan momongan. Amin

Yanu Aryani mengatakan...

Halo Mbak-mbak semua.. terima kasih sharing pengalamannya di sini.

Untuk yang sudah berhasil, alhamdulillah dapat rejeki ya Mbak.

Untuk Mbak Annisa dan semua yang sedang berusaha, semoga semua selalu sehat lahir dan batin ya.

Pengalaman dengan dokter Gunawan, aku tidak ada treatment penetesan secretomi itu Mbak. Mungkin metode baru, sebab promil aku sudah terbilang cukup lama ya Mbak, 4 tahun lalu. Semoga sukses dan berhasil promilnya ya Mbak :)

mizuno mengatakan...

sore mba,,,,
waktu lagi cari-cari info untuk promil di RSPAD ketemunya postingan mb yanu,,,,masya Alloh saya benar-benar terharu sama perjuangan mba,,,sampe nangis saya mba,,,saya belum sekuat mba, kadang masih baper liat temen yg tiba-tiba hamil udh anak kesekian,,,tp lagi-lagi saya ingin ikhlas dan pasrah sama Alloh, mau usaha promil tapi liat biaya mba di 2015 aja besar banget bagaimana ditahun 2020 ya mba,,, pasti amazing banget biayanya,,,jd harus konsul lg deh sama suami mengenai biayanya,,,pengamalan promil mba berharga banget buat nguatin hati aku untuk ga baper dan ikhlas terima kenyataan, hanya selalu berdoa supaya suami setia menenami apapun kondisi saya,,,,haduhh saya jd curhat nih mba,,,bener2 melow saya liat blog mba ini,,,tetap semangat ya mba,,,semoga Alloh memberikan rejekinya pada calon ibu yang mendampakan keturunan


Salam kenal
Yanti

Yanu Aryani mengatakan...

Amin... semoga Allah selalu memberikan rejeki dan sehat kepada kita semua. Salam kenal Mbak Yanti.. terima kasih sudah mampir ke blog saya ya, semoga sharing saya bisa sedikit membantu teman-teman untuk tetap berbesar hati dan selalu optimis :)

Unknown mengatakan...

Hai ka,.salam kenal dengan aku sarah dr bigir kebetulan bgt aku juga lg promil dgn dr gunawan di RSPAD kemaren ada polip trs dibersihkan skrg mau coba batab makasih bnyk ceritanya bener2 detail dr program smp biaya yg hrs dikeluarkan jd bener2 tau apa aja yg hrs dipersiapkan makasih bnyk ya ka,.. ceritanya jd tambah ilmu,inspirasi dan pengalaman semoga jd ladang pahala ya mba,..dan kita semua disini segera diberikan anak yg pintar & sholeh,sholehah,..trs berjuang jgn menyerah,..

Unknown mengatakan...

Hai ka,.salam kenal dengan aku sarah dr bigir kebetulan bgt aku juga lg promil dgn dr gunawan di RSPAD kemaren ada polip trs dibersihkan skrg mau coba batab makasih bnyk ceritanya bener2 detail dr program smp biaya yg hrs dikeluarkan jd bener2 tau apa aja yg hrs dipersiapkan makasih bnyk ya ka,.. ceritanya jd tambah ilmu,inspirasi dan pengalaman semoga jd ladang pahala ya mba,..dan kita semua disini segera diberikan anak yg pintar & sholeh,sholehah,..trs berjuang jgn menyerah,..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Hai ka,.salam kenal dengan aku sarah dr bogor kebetulan bgt aku juga lg promil dgn dr gunawan di RSPAD kemaren ada polip trs dibersihkan skrg mau coba batab makasih bnyk ceritanya bener2 detail dr program2,obatan smp biaya yg hrs dikeluarkan jd bener2 tau apa aja yg hrs dipersiapkan makasih bnyk ya ka,.. ceritanya jd tambah ilmu,inspirasi dan pengalaman semoga jd ladang pahala ya mba,..dan kita semua disini segera diberikan anak yg pintar & sholeh,sholehah,..trs berjuang jgn menyerah,..

Unknown mengatakan...

Ka,.bolehkan yah aku minta akun IG mau tanya2 sekedar informasi maaf ya ka,.terima kasih

Yanu Aryani mengatakan...

Amin.. aminn.. semoga Allah mengabulkan doa-doa kita ya Mbak.. salam kenal kembali untuk keluarga dari Bogor. Semoga tetap sehat ya dan selalu diberikan hati yang seluas samudera :)

Pilihan dan Alamat Rezeki

Kata Satre begini: "We are our choices" artinya, apa yang menjadikan dan membentuk karakter, nilai atau keadaan kita saat ini adal...